Senin, 16 Juli 2012

Tanda-tanda Kehamilan dan Cara mengetahuinya

Tanda-tanda Kehamilan dan Cara mengetahuinya Cara Mengetahuai Tanda-tanda Kehamilan-Tips Mengetahui Tanda-tanda Kehamilan-Cara Mudah Mengatahui Tanda-tanda Kehamilan-Artikel ini membahas Tanda-tanda Kehamilan dan Cara mengetahuinya-Langsung saja berikut itu Tanda-tanda Kehamilan dan Cara mengetahuinya:

- Terlambat haid.
- Payudara terasa kencang, lunak, dan agak gatal.
- Tidak tahan terhadap bau-bauan dan rasa yang menyengat.
- Mual dan muntah pada pagi hari atau pada waktu lain.
- Cepat lelah.
- Mudah marah atau menangis.
- Sering sembelit.
- Sering buang air kecil.

Kehamilan anda dapat dipastikan melalui tiga cara yaitu tes urine, tes darah, dan pemeriksaan USG (ultrasonografi). Tes urine dapat dilakukan secara mandiri dirumah menggunakan alat tes khusus. Dalam pengujian memerlukan beberapa mL urine. Pada dasarnya tes urine ini menguji ada tidaknya HCG (Hormon Clerionic Gonadotropin). Hormon HCG ini dihasilkan oleh jaringan plasenta yang sedang berkembang setelah terjadi pembuahan. Apabila terjadi kehamilan hormon HCG akan berjumlah banyak dan keluar dari tubuh bersama urine. Konsentrasi HCG meningkat pesat saat kehamilan berusia 8 minggu setelah haid terakhir. Konsentrasi ini kemudian menurun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Cara memastikan kehamilan melalui tes urine ini sebagai berikut.
  • Tampung urine segar (urine pertama pada pagi hari setelah bangun tidur) dalam wadah yang bersih.
  • Celupkan alat tes kehamilan ke dalam urine sesuai dengan tanda panah batas garis maksimum selama 30-60 detik.
  • Angkat alat tes kehamilan tunggu 1-3 menit dan baca hasilnya.
Cara pembacaan hasil tes
Jika muncul dua garis merah muda, hasilnya positif berarti anda hamil. Jika muncul satu garis muda, hasilnya negatif berarti anda belum hamil. Kelebihan dari cara ini yaitu hasilnya bisa diketahui dengan cepat bahkan bisa memastikan kehamilan satu hari sesudah terlambat haid.

Memastikan kehamilan anda melalui tes darah dan USG harus pergi ke dokter. Biasanya hal ini dilakukan jika sudah menggunakan tes urine di atas dan menginginkan jawaban secara pasti. Hasil tes darah dapat diketahui secara langsung. Apa sebenarnya USG itu? USG (ultrasonografi) merupakan scanner khusus yang penggunaannya cukup diletakkan di kulit perut. Scanner ini menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang masuk ke tubuh wanita yang di USG melalui media cairan dan menimbulkan gema. Gema tersebut kemudian berubah menjadi sinyal elektrik dan ditampilkan melalui layar dua dimensi.

Ketika akan di USG, sebaiknya anda tidak buang air kecil terlebih dahulu dan banyak minum air putih mempermudah pengamatan. Selain untuk memastikan anda hamil atau tidak, USG juga dapat digunakan untuk hal-hal berikut:
Mengukur besar janin dan ukuran janin. Dengan demikian tanggal persalinan (HPL) dapat diperkirakan.
Mengetahui ada tidaknya komplikasi. Komplikasi ini dapat dilihat melalui anggota tubuh, organ otak, dan tulang belakang.
Melihat posisi janin, terutama pada usia kehamilan enam minggu terakhir usia kehamilan. Pada usia kehamilan ini ajan tampak plasenta menutup jalan lahir atau tidak.
Dapat mengetahui jenis kelamin janin.

Sekian tentang Tanda-tanda Kehamilan dan Cara mengetahuinya semoga bisa bermanfaat buat sobat sekalian

0 komentar:

Poskan Komentar